SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV / I
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian Kompetensi | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
1. Mende-ngarkan Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah | 1.1 Membuat gambar/ Denah berdasarkan penje-lasan yang di dengar | Denah | · Membuat gambar / denah | · Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan · Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar · Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah · Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat | Tertulis dan penam-pilan | Uraian dan Lembar observasi | · Buatlah denah berdasarkan penjelasan yang didengar! · Jelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat! | 2 x 35 menit | · Teks, · Bina Bahasa Indonesia · Kurikulum 2006 KTSP |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ) | |||||||||
| 1.2 Menjelas-kan kem-bali seca-ra lisan atau tertu lis penje-lasan tentang simbol daerah / lambang korps | Lambang | · Menjelaskan secara lisan arti lambang | · Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka. · Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka. · Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci · Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka. | Tertulis, penampilan | Uraian dan Lembar observasi | · Tuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci ! · Jelaskan secara lisan arti lambang Pramuka ! | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4A hal.18 – 19 |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ) | |||||||||
2. Berbicara Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat | 2.1 Mendes-krifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut | Denah lokasi | · Mendeskrifsikan tempat sesuai denah | · Mengamati gambar denah · Menjelaskan tempat berdasarkan denah | Tertulis dan pe-nampilan | Uraian | · Jelaskan tempat berdasarkan denah! | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 80 – 81 |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ) | |||||||||
| 2.2 Menjelas-kan petun-juk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar | Percakapan tentang Pengguna an alat | · Menjelas-kan petunjuk penggunaan | · Memperagakan percakapan · Menjawab pertanyaan · Menjelaskan kembali petunjuk penggunaan alat sesuai teks percakapan | Tertulis dan penampil-an | Uraian | · Jelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar! | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 33 – 34. |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ) | |||||||||
3. Membaca Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi | 3.1 Menemu-kan piki-ran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas | Teks panjang | · Menemukan pikiran pokok teks | · Membaca sekilas teks bacaan yang berjudul ”Pensil Ajaib” · Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks. · Menemukan pikiran pokok bacaan masing-masing paragraf · Membuat kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan | Tertulis | Lembar observasi | · Buatlah kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan! | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa 4A hal. 34 – 37. |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ) | |||||||||
| 3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca | Teks berisi petunjuk | · Melakukan sesuatu sesuai petunjuk | · Membaca sekilas · Menjawab pertanyaan · Mencatat petunjuk dalam bacaan · Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca | Proses dan produk | Lembar observasi | · Lakukanlah sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca | 2 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 81 – 82 |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ) | |||||||||
| 3.3 Menemu-kan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ ensiklopedia melalui membaca memindai | Kamus/en-siklopedia anak nasional | · Menemukan makna dan infor-masi dalam kamus / ensiklopedia | · Membaca teks yang berjudul ”Kereta Api Dulu dan Sekarang” · Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan · Menjelaskan cara menggunakan kamus · Membuat daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus | Proses dan produk | Tertulis dan penampil-an | · Jelaskan cara menggunakan kamus! · Buatlah daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus! | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 48 – 49 |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ) | |||||||||
4. Menulis Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat | 4.1 Meleng-kapi per-cakap an yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua dan tanda etik) | Percakapan rumpang | · Melengkapi percakapan rumpang | · Membaca teks percakapan yang berjudul”Calon Ilmuan” · Menjawab per-tanyaan sesuai isi percakapan · Melengkapi percakapan rumpang. · Memberi tanggapan terhadap pokok permasalahan · Menggunakan tanda titik dua (:) dan tanda titik dalam kalimat | Proses dan produk | Tertulis | · Jawablah pertanyaan sesuai isi percakapan! | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 50 – 54. |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ) | |||||||||
| 4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu | Petunjuk melakukan sesuatu | · Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu | · Membaca teks berisi petunjuk melakukan suatu percobaan · Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu sesuai gambar · Menulis petunjuk melakukan sesuatu | Tertulis | Tertulis dan penampil-an | · Tulislah petunjuk melakukan sesuatu | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 83 – 86 |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ) | |||||||||
| 4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan meng-gunakan kata atau kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu | Cerita rumpang | · Melengkapi cerita rumpang | · Membaca cerita yang rumpang ”Celengan Beni” · Melengkapi cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat. · Menggunakan tanda titik dan tanda baca lainnya dalam konteks kalimat atau teks bacaan. | Tertulis | Tertulis dan penampil-an | · Lengkapi-lah cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat! | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4° hal. 126 – 129 |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ) | |||||||||
| 4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhati-kan peng-gunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll) | Contoh surat pribadi | · Menulis surat untuk teman sebaya | · Membaca contoh surat untuk teman sebaya · Menggunakan tanda koma untuk memisah-kan kata-kata dalam suatu pemerincian · Membubuhkan tanda koma dalam kalimat · Menulis bagian-bagian surat · Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman | Tertulis | Tertulis dan penampil-an | · Tulislah surat untuk teman sebaya tentang pengala-man! | 4 x 35 menit | Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 98 – 100 |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah ................... ............................................... NIP : | | ......................., ............... 2011 Mahasiswa, ................................................ NIM : |
0 komentar:
Posting Komentar