Minggu, 20 November 2011

Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD semester 1


SILABUS  PEMBELAJARAN 


Nama Sekolah    :
Mata Pelajaran   :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :   IV / I

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.       Mende-ngarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah
1.1      Membuat gambar/ Denah berdasarkan penje-lasan yang di dengar
Denah
·  Membuat gambar / denah
·  Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi    Perkemahan
·  Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
·  Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah
·  Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat

Tertulis dan penam-pilan
Uraian dan Lembar observasi
·  Buatlah denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
·  Jelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat!

2 x 35 menit
·  Teks,
·  Bina Bahasa Indonesia
·  Kurikulum 2006 KTSP
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

1.2      Menjelas-kan kem-bali seca-ra lisan atau tertu      lis penje-lasan tentang simbol daerah / lambang korps
Lambang
·  Menjelaskan secara lisan arti lambang
·  Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
·  Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
·  Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
·  Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka.

Tertulis, penampilan
Uraian dan Lembar observasi
·  Tuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci !
·  Jelaskan secara lisan arti lambang Pramuka !

2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa 4A hal.18 – 19
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
2.       Berbicara
Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat
2.1 Mendes-krifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar
      dengan
      kalimat yang
      runtut

Denah lokasi
·  Mendeskrifsikan tempat sesuai denah
·  Mengamati gambar denah
·  Menjelaskan tempat berdasarkan denah
Tertulis dan pe-nampilan
Uraian
·  Jelaskan tempat berdasarkan denah!
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 80 – 81
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

2.2 Menjelas-kan petun-juk       penggunaan suatu       alat  dengan bahasa        yang baik dan benar

Percakapan tentang
Pengguna
an alat
·  Menjelas-kan petunjuk penggunaan
·  Memperagakan percakapan
·  Menjawab pertanyaan
·  Menjelaskan kembali petunjuk penggunaan alat sesuai teks percakapan

Tertulis dan penampil-an
Uraian
·  Jelaskan petunjuk       penggunaan suatu       alat  dengan bahasa        yang baik dan benar!
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 33 – 34.
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
3.       Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
3.1      Menemu-kan piki-ran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
Teks panjang
·  Menemukan pikiran pokok teks
·  Membaca sekilas teks bacaan yang berjudul ”Pensil Ajaib”
·  Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
·  Menemukan pikiran pokok bacaan masing-masing paragraf
·  Membuat kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan
Tertulis
Lembar observasi
·  Buatlah  kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan!
2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa 4A hal. 34 – 37.





v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

3.2 Melakukan sesuatu       berdasarkan petunjuk      pemakaian yang dibaca
Teks berisi petunjuk
·  Melakukan sesuatu sesuai petunjuk
·  Membaca sekilas
·  Menjawab pertanyaan
·  Mencatat petunjuk dalam bacaan
·  Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca

Proses dan produk
Lembar observasi
·  Lakukanlah  sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca

2 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 81 – 82
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

3.3 Menemu-kan makna      dan informasi secara       tepat dalam kamus/ ensiklopedia melalui       membaca memindai
Kamus/en-siklopedia anak nasional
·  Menemukan makna dan infor-masi dalam kamus / ensiklopedia
·  Membaca teks yang berjudul ”Kereta Api    Dulu dan Sekarang”
·  Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
·  Menjelaskan cara menggunakan kamus
·  Membuat daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus

Proses dan produk
Tertulis dan penampil-an
·  Jelaskan cara menggunakan kamus!
·  Buatlah daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus!

4 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 48 – 49


v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
4.       Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat
4.1 Meleng-kapi per-cakap       an yang belum selesai       dengan memperhatikan penggunaan ejaan       (tanda titik dua dan       tanda etik)
Percakapan rumpang
·  Melengkapi percakapan rumpang
·  Membaca teks percakapan yang berjudul”Calon Ilmuan”
·  Menjawab per-tanyaan sesuai isi percakapan
·  Melengkapi percakapan rumpang.
·  Memberi tanggapan terhadap pokok permasalahan
·  Menggunakan tanda titik dua (:) dan tanda titik dalam kalimat

Proses dan produk
Tertulis
·  Jawablah pertanyaan sesuai isi percakapan!
4 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 50 – 54.





v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

4.2 Menulis petunjuk untuk       melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
Petunjuk melakukan sesuatu
·  Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu
·  Membaca teks berisi petunjuk melakukan suatu percobaan
·  Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu sesuai gambar
·  Menulis petunjuk melakukan sesuatu

Tertulis
Tertulis dan penampil-an
·  Tulislah petunjuk melakukan sesuatu
4 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 83 – 86
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan meng-gunakan kata atau kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu
Cerita rumpang
·  Melengkapi cerita rumpang
·  Membaca cerita yang rumpang ”Celengan Beni”
·  Melengkapi cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat.
·  Menggunakan tanda titik dan tanda baca lainnya dalam konteks kalimat atau teks bacaan.
Tertulis
Tertulis dan penampil-an
·  Lengkapi-lah cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat!

4 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4° hal. 126 – 129
v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang       pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhati-kan peng-gunaan ejaan       (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll)
Contoh surat pribadi
·  Menulis surat untuk teman sebaya
·  Membaca contoh surat untuk teman sebaya
·  Menggunakan tanda koma untuk memisah-kan kata-kata dalam suatu pemerincian
·  Membubuhkan tanda koma dalam kalimat
·  Menulis bagian-bagian surat
·  Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman

Tertulis
Tertulis dan penampil-an
·  Tulislah surat untuk teman sebaya tentang pengala-man!

4 x 35 menit
Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 98 – 100





v Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )



Mengetahui,
Kepala Sekolah  ...................



...............................................
NIP :

.......................,  ............... 2011
Mahasiswa,



................................................
NIM :

0 komentar:

Posting Komentar