RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Waktu : 4 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
2. Berbicara
Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat
B. Kompetensi Dasar
2.1. Mendeskrifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut.
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Mengamati gambar denah
§ Siswa dapat Menjelaskan tempat berdasarkan denah
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi Pokok
§ Denah lokasi
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Menjelaskan tempat sesuai denah secara tertulis
§ Menjelaskan denah secara lisan.
§ Menjelaskan denah menuju rumah
F. Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
- Siswa diajak mengamati denah yang dipajang di papan tulis. ( Lihat Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 3 )
- Tanya jawab sekitar denah.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa berdiskusi kelompok membicarakan arah yang harus dilalui Sugi jika ingin ke rumah Nugie .
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan hasil diskusi kelompok tentang arah perjalanan Sugi menuju rumah Nugie dengan kalimat yang runtut.
|
F Salah seorang anggota masing-masing kelompok diminta menjelaskan secara lisan cara menuju rumah Nugie dari rumah Sugi di depan kelompok lain.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta membuat denah perjalanan menuju rumah masing-masing dari sekolah.
F Siswa diminta membacakan denah yang dibuatnya sendiri di depan kelas.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Mendeskrifsikan tempat sesuai denah | Tertulis dan pe-nampilan | Uraian | · Jelaskan tempat berdasarkan denah! |
§ Penampilan perwakilan kelompok menjelaskan secara lisan cara menuju rumah Nugie dari rumah Santi.
Aspek Penilaian | Nilai | Keterangan |
1. Kejelasan ucapan 2. Kewajaran intonasi 3. Keberanian | | |
§ Penjelasan siswa tentang denah perjalanannya dari sekolah ke rumahnya.
Aspek Penilaian | Nilai | Keterangan |
1. Kejelasan ucapan 2. Kewajaran intonasi 3. Keberanian | | |
H. Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4A
§ Gambar denah lokasi
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
0 komentar:
Posting Komentar