Selasa, 22 November 2011

RPP - Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD semester 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :           ..................................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        :           IV / I
Alokasi Waktu           :           4 x 35 menit ( 2 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
2. Berbicara:  Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat.

B.     Kompetensi Dasar
2.2. Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Memperagakan percakapan
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan
§  Siswa dapat Menjelaskan kembali petunjuk penggunaan alat sesuai teks percakapan

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi
§  Teks petunjuk penggunaan

E.     Kegiatan Pembelajaran
§  Membaca petunjuk penggunaan alat.
§  Menjelaskan petunjuk penggunaan alat.
§  Mendiskusikan petunjuk penggunaan alat.

F.     Langkah-langkah Pembelajaran :
§  Kegiatan Awal
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Siswa mengamati benda ( Stapler ) yang ditunjukkan guru dengan cermat.
-       Siswa membentuk kelompok dengan beberapa anggota.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa membaca petunjuk penggunaan Stapler dalam Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 19.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Secara individu siswa diminta menjelaskan secara lisan penggunaan Stapler di depan teman-temannya dengan kata-kata sendiri.
F Siswa mengamati benda yang ditunjukkan guru ( Pesawat telepon ) tanpa petunjuk penggunaan
F Siswa diminta mendiskusikan pembuatan petunjuk penggunaan telepon bersama kelompok masing-masing.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya di depan teman-teman sekelasnya.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menjelaskan petunjuk penggunaan alat
Tertulis dan penampil-an
Uraian
·  Jelaskan petunjuk       penggunaan suatu alat  dengan bahasa  yang baik dan benar!

No.
Unsur Penilaian
Nilai
Keterangan
1.
2.

3.

Kerja sama dalam kelompok
Ketelitian urutan pembuatan petunjuk penggunaan telepon.
Keberanian siswa menyampaikan laporan hasil diskusi.
Gaya penyampaian hasil diskusi.

Hasil kerja siswa


Penampilan siswa

H.    Sumber / Alat
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 19 dan 20.
§  Stapler dan Pesawat telepon.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................2011
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Mahasiswa.



          ..................................                                            I Gede Purwa Adnyana
   NIP :                                                                      NIM : 818988701

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                   :   ..................................
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      :   IV / I
Waktu                    :  4 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
       3.  Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi

B.     Kompetensi Dasar
3.1. Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Membaca sekilas teks bacaan yang berjudul ”Pensil Ajaib”
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
§  Siswa dapat Menemukan pikiran pokok bacaan masing-masing paragraf
§  Siswa dapat Membuat kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi Pokok
§  Teks panjang

E.     Kegiatan Pembelajaran
§  Membaca sekilas teks panjang
§  Menjawab pertanyaan panjang
§  Menemukan pikiran pokok teks panjang

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Siswa diminta membaca dalam hati “Senangnya Ikut Persami” secara teliti minimal 2 kali. (Buku Bina Bahasa Indonesia 4 hal. 4 dan 5)
-       Memperkenankan siswa menanyakan makna kata-kata yang tidak dimengerti.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan secara tertulis.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta menemukan pikiran pokok pada setiap paragraf bacaan yang diberi angka sebagai penanda paragraf.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melaporkan pikiran pokok yang di temuka dalam    bacaan dengan cara membacakan di depan kelas atau ditempat duduknya masing-masing.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menemukan pikiran pokok teks
Tertulis
Lembar observasi
·  Buatlah  kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan!

No.
Unsur Penilaian
Nilai dengan Bobot ( 1 – 5 )
Keterangan
1.

2.

3.
Ketepatan menentukan pikiran pokok paragraf
Keruntutan menyusun kata menjadi kalimat
Ketepatan menggunakan ejaan.



H.    Sumber / Alat
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 4 – 5
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







 

 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                   :   ..................................
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester    :  IV / I
Alokasi Waktu       :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)

A.    Standar  Kompetensi
       3.  Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi

B.     Kompetensi Dasar
3.2. Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Membaca sekilas
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan
§  Siswa dapat Mencatat petunjuk dalam bacaan
§  Siswa dapat Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi
§  Teks bacaan berisi petunjuk pemakaian

E.     Kegiatan Pembelajaran
§  Membaca teks berisi petunjuk pemakaian.
§  Membuat ringkasan
§  Menjelaskan petunjuk
§  Memperagakan petunjuk pemakaian sesuatu sesuai teks yang dibaca.
§  Menanggapi penjelasan


F.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal:
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Siswa membaca teks berisi petunjuk ”Penggunaan Stiker atau Kertas untuk
-       Mengukur Kotor atau Tidaknya Udara di Rumah”
§  Kegiatan Inti:
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta membuat ringkasan petunjuk pemakaian.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Secara lisan siswa diminta menjelaskan cara mengetahui kotor tidaknya udara dengan kata-kata sendiri di hadapan teman-teman.
F Siswa diminta memperagakan cara menggunakan kertas stiker atau kertas putih polos untuk mengukur kotor tidaknya udara.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Selanjutnya siswa diminta mengajukan pertanyaan secara lisan sesuai dengan pernyataan yang ada.

G.    Penilaian   
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Melakukan sesuatu sesuai petunjuk
Proses dan produk
Lembar observasi
·  Lakukanlah  sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca

No.
Unsur Penilaian
Nilai
Keterangan
1.

2.
3.
Kerja sama dalam kelompok
Keberanian menjelaskan di depan teman
Gaya Penyampaian
Keberanian menerima kritik

Penampilan siswa mewakili kelompok

H.    Sumber / Alat
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




                                                                                                ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
 NIP :                                                                    NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                   :   ..................................
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas / semester     :  IV / I
Alokasi  Waktu      :  2 x 35 menit

A.    Standar Kompoetensi
       3.  Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi

B.     Kompoetensi Dasar
3.3. Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedi melalui membaca memindai.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Membaca teks yang berjudul ”Kereta Api    Dulu dan Sekarang”
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
§  Siswa dapat Menjelaskan cara menggunakan kamus
§  Siswa dapat Membuat daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi
§  Kamus / Ensiklopedi Anak Nasional.

E.     Kegiatan Pembelajaran
§  Membaca teks
§  Menjawab pertanyaan bacaan
§  Menggunakan kamus
§  Menemukan makna kata sukar dalam kamus / ensiklopedi.

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal:
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Siswa membaca teks ”Kereta Api Dulu dan Sekarang”
-       Tanya jawab seputar teks yang dibaca.
§  Kegiatan Inti:
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengarkan penjelasan guru tentang cara menggunakan kamus
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta mendaftarkan kata-kata sulit yang terdapat dalam bacaan yang dicetak miring dalam kelompok masing-masing.
F Siswa diminta mencari arti kata sulit tersebut menggunakan kamus.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Salah seorang siswa perwakilan kelompok diminta melaporkan hasil kerja kelompok di depan teman-teman sekelas.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menemukan makna kata dalam kamus/ensiklopedi

Proses dan produk
Tertulis dan penampil-an
·  Jelaskan cara menggunakan kamus!
·  Buatlah daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus!


No.
Unsur Penilaian
Nilai
Keterangan
1.
2.

3.

4.
Kekompakan dalam kelompok
Ketepatan dalam menggunakan kamus
Ketepatan menggunakan kata sulit dalam kalimat
Keberanian dalam menyampaikan laporan


H.    Sumber / Alat
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A
§  Kamus dan Ensiklopedi

1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.











CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
 NIP :                                                                    NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :           ..................................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        :           IV / I
Alokasi waktu            :           4 x 35 menit 

A.    Standar /Kompetensi
       4.  Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat.

B.     Kompetensi Dasar
4.1. Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan ( tanda titik dua dan tanda petik ).

C.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Membaca teks percakapan yang berjudul”Calon Ilmuan”
§  Siswa dapat Menjawab per-tanyaan sesuai isi percakapan
§  Siswa dapat Melengkapi percakapan rumpang.
§  Siswa dapat Memberi tanggapan terhadap pokok permasalahan
§  Siswa dapat Menggunakan tanda titik dua (:) dan tanda titik dalam kalimat

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi
§  Percakapan rumpang. 

E.     Kegiatan Pembelajaran
§  Membaca teks cerita.
§  Menjawab pertanyaan
§  Mengubah teks cerita ke dalam bentuk percakapan.
§  Memperagakan percakapan sesuai teks yang dibuat.

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal:
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Siswa membaca teks cerita ”Pemain Cadangan”  dalam hati.
-       Tanya jawab sekitar cerita “Pemain Cadangan”
§  Kegiatan Inti:
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa secara individu menjawab pertanyaan cerita.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Kegiatan dilanjutkan dengan mengubah cerita ke dalam bentuk percakapan dengan cara menyalin kalimat yang diucapkan langsung oleh sang tokoh cerita dan tidak lupa memberi tanda kutip pada setiap ucapan langsung sang tokoh.
F Kemudian dilanjutkan dengan memperagakan percakapan yang telah dibuat.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan Penilaian setiap penampilan.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Melengkapi percakapan rumpang
Proses dan produk
Tertulis
·  Jawablah pertanyaan sesuai isi percakapan!

No.
Unsur Penilaian
Nilai
Keterangan
1.

2.

3.
Keruntutan kalimat percakapan

Penggunaan tanda baca

Keruntutan cerita



H.    Sumber / Alat
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap

4
2
1

4
2
1

4
2
1


 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
 NIP :                                                                    NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :           ..................................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        :           IV / I
Alokasi Waktu           :           2 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
       4.  Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat.

B.     Kompetensi Dasar
4.2. Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Membaca teks berisi petunjuk melakukan suatu percobaan
§  Siswa dapat Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu sesuai gambar
§  Siswa dapat Menulis petunjuk melakukan sesuatu

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi
§  Petunjuk melakukan sesuatu.

E.     Kegiatan Pembelajaran
§  Membaca teks berisi petunjuk melakukan suatu percobaan.
§  Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu sesuai gambar.
§  Menulis petunjuk melakukan sesuatu.

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal:
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Siswa membaca teks berisi petunjuk melakukan percobaan sambil mengamati gambar-gambarnya.
-       Tanya jawab tentang petunjuk percobaan.
§  Kegiatan Inti:
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membaca teks berisi petunjuk melakukan suatu percobaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyusun urutan petunjuk ”Membuat Pelangi” sambil memperhatikan gambarnya.
F Kegiatan dilanjutkan menulis petunjuk untuk mengembangbiakkan tanaman cocor bebek berdasarkan pengamatan gambar.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa mempraktikkan pengembangbiakkan tanaman cocor bebek sesuai petunjuk yang telah dibuat siswa.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu
Tertulis
Tertulis dan penampil-an
·  Tulislah petunjuk melakukan sesuatu

No.
Unsur Penilaian
Nilai
Keterangan
1.

2.

3.

4.
Bila urutannya hanya benar 1 diberi skor 2
Bila 2 kalimat yang urutannya benar diberi skor 5
Bila 3 kalimat berurutan diberi skor 8
Bila semua kalimat berurutan diberi skor 10

Urutan petunjuk melakukan sesuatu yang dibuat siswa


H.    Sumber / Alat
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap

4
2
1

4
2
1

4
2
1


 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
 NIP :                                                                    NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                   :   ..................................
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester   :  IV / I
Alokasi Waktu      :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)


A.    Standar Kompetensi
       4.  Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat

B.     Kompetensi Dasar
4.3. Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Membaca cerita yang rumpang ”Celengan Beni”
§  Siswa dapat Melengkapi cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat.
§  Siswa dapat Menggunakan tanda titik dan tanda baca lainnya dalam konteks kalimat atau teks bacaan

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi
§  Cerita Rumpang

E.     Kegiatan Pembelajaran
§  Membaca cerita yang masih rumpang.
§  Melanjutkan/melengkapi cerita
§  Memahami penggunaan tanda titik.
§  Menggunakan tanda titik dan tanda baca lainnya.


F.     Langkah-langkah Pembelajaran:
§  Kegiatan Awal:
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Siswa membaca cerita rumpang ”Celengan Beni”
-       Tanya jawab tentang teks rumpang.
§  Kegiatan Inti:
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membaca cerita yang rumpang ”Celengan Beni”
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Kegiatan dilanjutkan dengan melengkapi teks cerita rumpang tersebut dengan kalimat yang tepat bersama teman kelompok.
F Kemudian siswa diminta membacakan kembali teks cerita yang sudah dilengkapi di depan kelas.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa mengerjakan latihan menggunakan tanda titik dalam kalimat, terutama pada singkatan nama orang dan sebagainya.

G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Melengkapi cerita rumpang
Tertulis
Tertulis dan penampil-an
·  Lengkapi-lah cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat!


No.
Unsur Penilaian
nilai
Keterangan
1.
2.

3.
4.
5.
Kekompakan dalam kelompok.
Kecermatan memilih kalimat untuk melengkapi cerita rumpang.
Ketepatan menggunakan tanda baca titik, koma, dll.
Keberanian tampil ke depan kelas.
Lafal, intonasi, dan mimik dalam membaca cerita.

Penampilan dan Cerita lengkap.

H.    Sumber / Alat
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

0 komentar:

Poskan Komentar